Pengertian Administrasi

Administrasi berasal dari kata Ad dan Ministrare yang dapat disamakan dengan asal kata To dan Serve yang artinya melayani. Dengan demikian pengertian administrasi dapat terbagi dalam Arti Institusionil, Fungsional, dan Proses.

Arti Institusionil

Keseluruhan orang/kelompok orang-orang yang sebagai suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama

Arti Fungsional

Segala kegiatan dan tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga didalamnya tindakan untuk menentukan tujuan itu sendiri

Arti Proses

Keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapainya suatu tujuan.

Pengertian administrasi merupakan segenap proses penyelenggaraan kegiatan tata usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan Administrasi

Efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara suatu hasil yang dicapai oleh suatu kerja dengan usaha yang dikeluarkan untuk mencapai hasil tersebut.Efisiensi dapat dilihat dari dua segi yakni: segi hasil, segi usaha.
Segi Hasil: suatu pekerjaan dikatakan efisien jika dengan usaha tertentu dapat memberikan hasil yang maksimal
Segi Usaha: Suatu pekerjaan dikatakan efisien jika hasil tertentu tercapai dengan usaha yang minimal.

Efektif adalah kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diserahkan sesuai dengan rencana (tepat waktu).

UNSUR ADMINISTRASI

  1. Organisasi
    Merupakan rangkaian perbuatan menyusun suatu kerangka organisasi yang menjadi wadah atau tempat bagi setiap kegiatan dalam usaha kerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  2. Manajemen
    Merupakan rangkaian perbuatan yang menggerakkan karyawan-karyawan dan mengerahkan segenap faslitas kerja agar tujuan kerja sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai.
  3. Komunikasi
    Merupakan rangkaian perbuatan menyampaikan warta atau berita dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerja sama.
  4. Kepegawaian
    Kepegawaian merupakan rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
  5. Keuangan
    Merupakan rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama.
  6. Perbekalan
    Merupakan rangkaian perbuatan mengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, memelihara sampai menyingkirkan segenap perlengkapan yang sudah tidak diperlukan dalam usaha kerja sama.
  7. Tata usaha
    Merupakan rangkaian perbuatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan ketrangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerja sama.
  8. Humas
    Merupakan rangkaian perbuatan menciptakan hubungan baik dan berusaha memperoleh dukungan dari masyarakat sekitar tehadap usaha kerja sama yang dilakukan.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.