Terkadang pimpinan perusahaan melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau bahkan luar negeri untuk menjalankan tugas yang menuntut dilakukannya pertemuan secara langsung. Sekretaris sebagai tangan kanan pimpinan-lah yang bertugas mengurus perjalanan dinas pimpinan mulai dari keberangkatan hingga kepulangannya.

Perjalanan Dinas adalah perjalanan yang dilakukan oleh seorang karyawan atau pegawai suatu lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan tugas pekerjaan kedinasan. Perjalanan ini berhubungan dengan kepentingan lembaga yang bersangkutan dan dibiayai pula oleh lembaga tersebut. Tugas sekretarislah untuk menyiapkan dan menyusun rencana perjalanan secara rinci, mulai dari rute perjalanan, jenis kendaraan yang akan digunakan, waktu berangkat dan kembali, akomodasi, hingga dokumen terkait dan keperluan keuangan.

A. Tata Cara Pelaksanaan Perjalanan Dinas

1. In House Travelling Department

Yaitu suatu divisi/bagian perusahaan yang khusus menangani perjalanan bisnis pada suatu perusahaan dan bertanggung jawab mulai dari persiapan dokumen, mengurus keuangan/pembiayaan selama perjalanan  bisnis, dan mengurus tiket dan hotel dimana pimpinan akan menginap. Fungsi ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar yang telah memiliki departemen tersendiri yang biasa disebut Departemen Ticketing/General Affairs.

2. Biro Perjalanan (Travel Agent)

Sebagian besar perusahaan menggunakan jasa biro perjalanan untuk mempersiapkan perjalanan bisnis pimpinan karena lebih praktis dan tidak merepotkan perusahaan. Travel Agent akan menyediakan jasa pemesanan dan pembelian tiket sekaligus memberikan konsultasi akan beragam route dari berbagai perusahaan penerbangan, pemesanan hotel, aneka tour/perjalanan rekreasi bahkan tiket pertunjukan.

3. Administrasi Kantor/Sekretaris

Apabila pimpinan meminta administrasi kantor sendiri yang mempersiapkan perjalanan bisnisnya, maka sekretaris harus segera mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan bisnis pimpinannya. Agar berjalan lancar, sekretaris harus selalu berkoordinasi dengan pimpinannya. Dengan kemajuan teknologi, sekretaris sudah dapat mengakses langsung sistem komputer perusahaan penerbangan. Disini sekretaris dapat membuat reservation, mengkonfirmasi, dan meminta tiket dikirim ke alamat tertentu hanya melalui komputer.

B. Mempersiapkan Daftar Perjalanan (Itenarary)

Daftar perjalanan merupakan kombinasi antara daftar kunjungan perjalanan dan daftar janji temu. Daftar perjalanan berisi catatan tentang hari/tanggal, waktu, tempat tujuan, akomodasi, janji, masalah yang dibicarakan dan catatan/keterangan. Sekretaris pulalah yang bertugas menyusun itenarary pimpinan agar perjalanan dinas pimpinan berjalan lancar.

Contoh Itenarary

C. Mempersiapkan Dokumen Perjalanan

Terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh sekretaris terkait perjalanan dinas pimpinan, meliputi Dokumen Pribadi Pimpinan, Yellow Card (Kartu Kuning Kesehatan), Surat Tugas/Surat Perintah Jalan,  Paspor, Fiskal, dan Visa.

1.Dokumen Pribadi pimpinan meliputi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah pendidikan terakhir, Surat Keterangan Cakap Kelakuan (SKCK), dan Akta Kelahiran. Dokumen ini diperlukan dalam mengurus paspor.

2. Paspor (Passport) adalah tanda bukti kewarganegaraan / tanda bukti diri di negara lain. Paspor memungkinkan seseorang bepergian ke luar negeri secara leluasa dan dapat dipergunakan berkali-kali sepanjang masih berlaku.

3. Fiskal adalah pajak yang harus dibayarkan kepada pemerintah sehubungan dengan perjalanan ke luar negeri. pengurusan fiskal dilakukan di bandara.

4. Visa adalah izin masuk ke suatu negara, berupa keterangan yang ditulis di selembar formulir kemudian ditempel di salah satu halaman paspor. Visa mencantumkan berapa lama seseorang diperkenankan tinggal di negara yang akan dikunjunginya.

5. Yellow Card adalah sertifikat kesehatan / surat keterangan imunisasi untuk penyakit tertentu seperti cholera, yellow fever, dsb, yang diberikan oleh dinas kesehatan pemerintah.

6. Surat Tugas / Surat Perintah Jalan adalah dokumen internal perusahaan yang berisi penugasan dari pejabat yang berwenang kepada seseorang untuk menjalankan tugas kedinasannya.

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *