A.  Penghimpunan Dana

Penghimpunan dana merupakan kegiatan membeli dana dari masyarakat. Kegiatan membeli dana dapat dilakukan dengan cara menawarkan berbagai jenis simpanan. Simpanan sering disebut dengan nama rekening/ account.
Jenis-jenis simpanan yang umum ada di bank yaitu:

  1. Simpanan Giro (Demand Deposit) yaitu merupakan simpanan pada bank yg penarikannya dpt dilakukan dgn menggunakan cek atau bilyet giro.
  2. Simpanan Tabungan (Saving Deposit) yaitu erupakan simpanan pada bank yang penarikannya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Penarikan tabungan dilakukan menggunakan buku tabungan, slip penarikan, atau kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  3. Simpanan Berjangka (Time Deposit) yaitu merupakan simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu (jatuh tempo). Penarikannyapun dilakukan sesuai jangka waktu tersebut

B. Penyaluran Dana

Menyalurkan dana merupakan kegiatan menjual dana yang berhasil dihimpun dari masyarakat. Kegiatan ini dikenal dengan nama kegiatan Lending. Penyaluran dana yang dilakukan oleh bank dilakukan melalui pemberian pinjaman yang dalam masyarakat lebih dikenal dengan nama kredit. Jenis-jenis kredit yang umum ada di bank yaitu:

  1. Kredit Investasi yaitu merupakan kredit yang diberikan kepada pengusaha yang melakukan investasi atau penanaman modal. Biasanya kredit jenis ini memiliki jangka waktu yang relatif panjang yaitu >1 (satu) tahun.
  2. Kredit Modal Kerja yaitu merupakan kredit yang digunakan sebagai modal usaha. Biasanya kredit jenis ini berjangka waktu pendek <1 tahun.
  3. Kredit Produktif yaitu merupakan kredit yang dapat berupa investasi, modal kerja atau perdagangan.
  4. Kredit Konsumtif yaitu merupakan kredit yg digunakan utk keperluan pribadi misalnya keperluan konsumsi (pangan, sandang, papan).
  5. Kredit Profesi yaitu merupakan kredit yang diberikan kepada para kalangan profesional seperti dosen, dokter atau pengacara.

C. Jasa-jasa dalam Lalu Lintas Pembayaran

Selain melakukan penghimpunan dan dan penyaluran dana dari dan ke masyarakat, bank umum juga memberikan layanan lainnya bagi masyarakat berupa jasa-jasa untuk mempermudah lalu lintas pembayaran baik di dalam negeri maupun dari dan ke luar negeri.
Jasa-jasa yang ditawarkan bank umum diantaranya yaitu pengiriman uang atau transfer, penagihan surat-surat berharga atau inkaso, kliring, traveller cheque, jual beli mata uang asing, letter of credit, dan lain-lain.
Kegiatan BPR pada dasarnya sama dengan kegiatan Bank umum, hanya yang menjadi perbedaan adalah jumlah jasa bank yang dilakukan BPR jauh lebih sempit. BPR dibatasi oleh berbagai persyaratan, sehingga tidak dapat berbuat seleluasa bank umum. Keterbatasan kegiatan BPR juga dikaitkan dengan misi pendirian BPR itu sendiri. Dalam praktiknya kegiatan BPR adalah sebagai berikut :
– Menghimpun dana hanya dalam bentuk simpanan tabungan, dan deposito.
– Menyalurkan dana dalam bentuk kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumtif

Bank-bank asing dan bank campuran yang bergerak di Indonesia juga merupakan bank umum. Kegiatan bank asing dan bank campuran, tugasnya sama dengan yang dimiliki bank umum lainnya. Yang membedakan kegiatannya dengan bank umum milik swasta nasional dalah mereka lebih khusus kegiatan usahanya dalam bidang-bidang tertentu dan ada larangan tertentu pula dalam melakukan kegiatannya. Dalam mencari dana bank asing dan bank campuran juga membuka simpanan giro dan simpanan deposito namun dilarang menerima simpanan dalam bentuk tabungan.
Dalam hal pemberian kredit yang diberikan lebih diarahkan ke bidang-bidang tertentu saja seperti dalam bidang perdagangan internasional, bidang industri dan produksi, penanaman modal asing/campuran, dan jenis kredit yang tidak dapat dipenuhi oleh bank swasta nasional.
Sedangkan khusus untuk jasa-jasa bank lainnya juga dapat dilakukan oleh bank umum campuran dan asing sebagaimana layaknya bank umum yang ada di Indonesia seperti jasa transfer, kliring, inkaso, jual beli valuta asing,kartu kredit, bank draft, safe deposit box, pembukaan dan pembayaran L/C, bank garansi, bank notes, jual beli travellers cheque dan lainnya.

Categories: ArtikelPerbankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *