Istilah Sekretaris pasti sudah familier di telinga setiap orang. Kebanyakan orang menganggap sekretaris sebagai seorang personal assistant pimpinan. Padahal sekretaris memiliki tugas pokok dan fungsi yang cukup luas. Sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu apa itu sekretaris?

Sekretaris secara etimologi dalam Bahasa latin adalahSecretum”, sedangkan dalam bahasa Perancis adalah “Secretaire”, “Secretary” (Bahasa Inggris). dan “Secretaries” dalam Bahasa BelandaPengertian Sekretaris adalah pegawai atau karyawan yang diberi tugas dan pekerjaan yang berhubungan dengan masalah rahasia negara/perusahaan /individu. Istilah sekretaris harus dibedakan dengan sekretariat dan kesekretariatan. Sekretariat adalah tempat sekretaris berikut para stafnya melakukan kegiatan dalam bidang kesekretariatan  dan ketatausahaan, sedangkan kesekretariatan adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekretaris.

Peran sekretaris semakin meluas tidak hanya sebagai seseorang yang menangani tugas korespondensi dan juru tulis saja, tetapi telah berubah sebagai individu yang dipercaya pimpinan untuk membantu tugas pokok dan hariannya, sebagai tangan kanan pimpinan, pengelola informasi dan pelindung, Pemegang rahasia, Penghubung/ humas, hingga sebagai Penasehat untuk dimintai pendapat.

Berikut adalah video yang menunjukkan bagaimana menjadi seorang sekretaris yang profesional dan terorganisir.

Dewasa ini, tugas – tugas kesekretatriatan telah meluas sehingga meliputi bidang-bidang kepegawaian, keuangan, perbekalan dan hubungan masyarakat. Dalam perkembangannya, jabatan sekretaris tidak hanya dalam aktivitas korespondensi dan pekerjaan tulis – menulis, tetapi kini diakui adanya bidang kerja yang disebut “secretaryship” atau kesekretriatan yang merupakan profesi dari segenap sekretaris yang bekerja dalam bermacam-macam organisasi pada semua tingkat jenjang organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *