Sebuah organisasi diharapkan dapat berjalan dengan efisien dan efektif, untuk itu sangat penting bagi seluruh manajemen untuk memahami tujuan organisasi tersebut. Suatu organisasi yang memiliki misi dan visi akan membuat organisasi tersebut akan tetap fokus pada tujuannya. Pernyataan misi menggambarkan apa yang seharusnya dilakukan organisasi, sedangkan pernyataan visi menggambarkan keinginan pemimpin tentang bagaimana organisasi tersebut ingin digambarkan. Dengan kata lain organisasi mengutarakan tanggung jawab organisasi (misi) dan menggambarkan keadaan kualitatif yang diinginkan oleh organisasi (visi). Organisasi juga mengembangkan pernyataan nilai-nilai yang mencantumkan kualitas yang penting dalam mencapai misi dan visi organisasi.

Mengembangkan pernyataan misi:

  1. Pada dasarnya, pernyataan misi menggambarkan keseluruhan tujuan organisasi.
  2. Jika organisasi memilih untuk mengembangkan pernyataan visi sebelum mengembangkan pernyataan misi, tanyakan “Mengapa citra, visi itu ada – apa tujuannya?” Tujuan ini seringkali sama dengan misinya.
  3. Mengembangkan pernyataan misi dapat dicapai melalui berbagai macam proses alternatif. Organisasi dapat menggunakan metode mulai dari yang sangat analitis dan rasional hingga yang sangat kreatif dan berbeda, dan lain-lain.
  4. Saat menyusun pernyataan misi, pertimbangkan produk, layanan, pasar, nilai, perhatian terhadap citra publik, dan mungkin kegiatan prioritas yang diperlukan untuk bertahan hidup.
  5. Pertimbangkan strategi yang dihasilkan dari proses perencanaan strategis.
  6. Pastikan kata-kata misi memungkinkan manajemen dan karyawan untuk menyimpulkan beberapa urutan prioritas bagaimana produk dan layanan disanpaikan.
  7. Saat menyempurnakan misi, latihan yang berguna adalah menambahkan atau menghapus sebuah kata dari misi untuk mewujudkan perubahan lingkup pernyataan.
  8. Menilai seberapa ringkas kata-katanya dalam pernyataan misi.
  9. Pernyataan misi harus mencakup deskripsi yang cukup untuk menyatakan misi organisasi secara jelas.

Mengembangkan pernyataan visi:

  1. Pernyataan visi adalah gambaran yang jelas tentang organisasi, yang menciptakan rasa keinginan untuk mencapainya.
  2. Mengembangkan pernyataan visi dapat dicapai melalui berbagai macam proses alternatif. Organisasi dapat menggunakan metode mulai dari yang sangat analitis dan rasional hingga yang sangat kreatif dan berbeda, dan lain-lain.
  3. Mengembangkan visi bisa menjadi bagian perencanaan yang paling menyenangkan, namun menentukan waktu pencapaian adalah hal yang paling sulit.
  4. Visi adalah deskripsi menarik tentang keadaan dan fungsi organisasi setelah menerapkan rencana strategis, yaitu citra yang sangat menarik dimana organisasi tertarik dan dipandu oleh rencana strategis. Visi tersebut bisa menjadi alat motivasional yang besar, seringkali mencakup frasa dan aktivitas yang sangat idealistik yang tidak dapat dicapai oleh organisasi secara realistis.

Mengembangkan pernyataan nilai:

  1. Nilai mewakili prioritas utama budaya organisasi, termasuk apa yang mendorong prioritas anggota dan bagaimana mereka benar-benar bertindak dalam organisasi. Nilai memiliki peranan yang sangat penting dalam perencanaan strategis.
  2. Mengembangkan pernyataan nilai dapat menggunakan metode mulai dari yang sangat analitis dan rasional hingga yang sangat kreatif dan berbeda, dan lain-lain.
  3. Organisasi harus menetapkan empat sampai enam nilai inti yang akan digunakan untuk beroperasi. Nilai harus mencerminkan pemangku kepentingan, karyawan dan lingkungan, serta stake holder.

 

Categories: Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *