Profil sekretaris yang berhasil
Belajar tentang bisnis dan posisi perusahaan, anda merupakan syarat utama meneruskan pendidikan dan pelatihan juga merupakan proses yang akan membawa keuntungan nantinya. Tetapi, kombinasi total yang anda butuhkan untuk menjadi seorang sekretaris yang berhasil adalah dimensi kepribadian anda.
Jarang ada sekretaris yang bekerja secara terisolir. Mereka harus belajar bagaimana bergaul dengan rekan kerjanya sehari-hari dan bagaimana mereka menangani aspek-aspek baik dan buruk yang ada dari hubungan di kantor.
Kualitas personal yang penting, antara lain:
1.       Bekerja efektif sebagai anggota tim dengan tetap memelihara kemampuan untuk berinisiatif dan mengelola suatu proyek dengan mandiri.
2.       Bisa bekerja sama, penuh pengertian, dan tegas dalam berhubungan dengan sesama.
3.       Penuh perhatian terhadap hal-hal kecil dan terus mengembangkan sifat teliti dalam kerja dan terhadap sesama.
4.       Menjunjung tinggi kerahasiaan dan tuntutan etika di tempat kerja
5.       Ciptakan kesan pribadi yang baik dan kesan perusahaan yang menyenangkan melalui penampilan bisnis dan sikap-sikap positif dan gembira.
6.       Lakukan tugas dengan jujur dan profesional
7.       Berusaha terus kreatif dan bersikap proaktif
Tanpa kualitas pribadi di atas, anda tidak mempunyai cukup bekal untuk menjadi sekretaris yang berhasil di abad 21. Jika anda berpikir bahwa anda adalah orang yang profesional, maka anda akan bekerja sebagaimana layaknya seorang profesional bekerja, dan orang lain juga akan menghargai anda sebagai seorang profesional.
Kunci untuk berkembang dalam pekerjaan anda selanjutnya adalah ambisi dan keinginan anda sendiri. Pentingnya pekerjaan hanya anda sendri yang dapat merasakannya, akan menjadi apa anda nantinya atau kemana anda menuju setelah menjadi sekretaris ekskutif tergantung dari apa yang anda lakukan untuk diri anda sendiri.
Seorang sekretaris ekskutif bekerja dalam situasi bisnis yang dinamis, tepat di tengah-tengah kesibukan. Semakin banyak yang anda ketahui, semakin anda mampu, semakin anda bisa berkembang dan berfungsi lebih baik. Jadi jangan terjebak rutinitas yang akhirnya menghilangkan arah perspektif anda. Karier sebagai sekretaris itu sendiri penting dan sangat menyenangkan, tetapi yang lebih menantang lagi adalah bahwa karier ini bisa menuntun anda ke posisi eksekutif yang sesungguhnya. Kembangkan bakat dan minat anda dan mengkombinasikan dengan pengetahuan akan perkembangan dunia bisnis yang sedang berlansung.
Beberapa tuntunan untuk berhasil dalam pekerjaan dan kehidupan anda:
1.       Kenali diri anda sendiri
Segera setelah anda memasuki dunia kerja, anda akan mulai menyadari bakat- bakat yang anda miliki, motivasi, dan nilai-nilai yang anda hargai.
2.       Tetapkan sasaran anda
Sasaran hendaknya yang realitis dan mungkin dicapai
3.       Kejar sasaran-sasaran anda itu dengan antusiasme
Antusiasme merupakan suatu kebiasaan sehingga dapat dibina. Bekerja, yang ternyata berbeda dengan harapan kita, memang terkadang membosankan dan penuh dengan masalah-masalah hubungan manusia, intrik-intrik, dan politik kantor. Hal tersebut hendaknya tidak membuat kita bersikap apatis dan statis, atau membuat kita lupa akan sasaran-sasaran itu.
4.       Pertimbangkan masak-masak setiap langkah yang anda ambil
Pilih satu langkah yang memberikan manfaat terbesar yang mengarahkan anda ke sasaran akhir. Walaupun demikian, jangan takut mengambil resiko. Kesalahan yang  banyak anda buat semakin diperkaya.
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *