Definisi  Public Relation

Public relations (PR) adalah salah satu cara organisasi/perusahaan dan individu berkomunikasi dengan publik dan media. Seorang Public Relation berkomunikasi dengan publik secara langsung atau tidak langsung melalui media dengan tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan citra positif dan menciptakan hubungan yang kuat dengan publik. Contohnya termasuk siaran pers, newsletter, penampilan publik, dll serta pemanfaatan world wide web.
Public  Relation dan Dunia Bisnis
Dunia bisnis ditandai dengan persaingan ketat dan untuk memenangkan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada, perusahaan harus mempunyai keunikan dari kompetitor. disamping juga perlu untuk menciptakan dan mempertahankan citra publik yang positif. Seorang public relation membantu menciptakan dan mempertahankan reputasi yang baik antara  media dan pelanggan dengan berkomunikasi  yang tepat, dalam penyajian produk, jasa dan operasi secara keseluruhan dalam tatanan terbaik. Sebuah citra publik yang positif membantu menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan yang pada gilirannya meningkatkan penjualan.
Media yang digunakan Public Relation
Seorang  Public Relation dan perusahaan menggunakan sejumlah kemampuan dan cara untuk meningkatkan citra publik kepada customer dan membantu customer membentuk hubungan yang bermakna dengan sasaran publik yang tepat. Untuk mencapai itu, public relation menggunakan alat-alat seperti siaran pers dan pernyataan untuk media, newsletter, organisasi dan berpartisipasi di konferensi umum acara, konvensi, penghargaan, dll. Seorang Public Relation tentunya juga memanfaatkan alat internet seperti jaringan media sosial dan blog. Melalui alat yang disebutkan, seorang  Public Relation memberikan target audiens wawasan yang lebih baik mengenai kegiatan perusahaan  dan produk / jasa serta meningkatkan publisitas.
Persyaratan sebagai Public Relation
Seorang  Public Relation biasanya  memiliki keterampilan yang relevan dan tingkat pendidikan seperti gelar Bachelor dalam komunikasi atau jurnalisme. Pendidikan yang layak, bagaimanapun, tidak cukup untuk menjadi Public Relation dan jauh lebih sedikit untuk menjadi Public Relation yang sukses. Seorang Public Relation membutuhkan keterampilan tertentu (mereka diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan tambahan), tatacara menulis yang sangat baik dan keterampilan komunikasi verbal. Tapi seorang Public Relation juga harus bisa bekerja di bawah tekanan dan mampu menjawab berbagai pertanyaan termasuk yang tidak menyenangkan. Sebagai contoh, jika klien berada di bawah publik “serangan”, seorang Public Relation perlu membangun kontrol atas situasi dan melindungi reputasi klien dengan baik.
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *