Series 4 Kewirausahaan

Tip wirausaha “Jasa”, menurut SAM DIAH & NADIEM MAKARIM (GO-JEK Indonesia)

1.     Sadari, idde usaha bisa muncul kapan saja dan dari siapa saja. Ide awal terbentuknya GO-JEK datang saat Nadiem mengobrol dengan tukang ojek langganannya. Dari situ, ia mengetahui sang tukang ojek menghabiskan 70% waktunya untuk menunggu pelanggan. Ditambah dengan kemacetan jakarta yang makin memburuk, ia lantas berinisiatif mendirikan layanan transport and delivery dengan armada tukang ojek.
2.     
          Jika memiliki ide usaha, jangan terlalu lama memikirkan strategi dan perencanaan. Tes konsep ide anda dalam skala kecil. Jika ada keputusan yang salah, perbaiki dan maju terus. Hargai ide anda sendiri dengan cara mewujudkannya. Banyak yang takut idenya dicuri orang, padahal cara terbaik melindungi sebuah ide adalah dengan mengeksekusinya. Tunjukkan kepada teman-teman, keluarga, sesama pengusaha, dan dengarkan feedback mereka.
3.  
          Sebagai pelopor usaha, tidak perlu takut jika kemudian banyak yang menawarkan jasa serupa. Adanya pengikut menandakan usaha yang anda rintis berhasil. Kunci agar sebuah industri jasa bertahan adalah dengan terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

4.          Selalu anggap karyawan sebagai mitra. Kenali kehidupan dan kesulitan mereka sehingga anda dapat menyediakan solusi terbaik. Jika armada anda tercukupi kebutuhannya, mereka akan maksimal bekerja.


      Jika diperlukan, berikan pelatihan dasar bagi karyawan. Kemampuan karyawan akan tata cara melayani pelanggan dengan baik sangat penting dimiliki untuk membangun kepercayaan orang lain terhadap usaha anda.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *