Rencana
Jenderal Eisenhower mengatakan ‘Dalam mempersiapkan diri untuk pertempuran, saya sering menemukan  bahwa rencana tidak berguna, tetapi perencanaan sangat diperlukan’. Sang jenderal menunjukkan bahwa ada kekuatan dalam proses penulisan rencana, meskipun berupa rencana perubahan. Penekanan aspek penulisan rencana adalah karena ide memiliki ‘hidup’ hanya ketika mereka dituliskan. Jika rencana ada di pikiran anda saja,tapi tidak ditulis, maka itu hanya merupakan doa atau keinginan, dan bukan rencana. Menulis memperjelas pemikiran. Penulisan rencana berarti menjelaskannya bagi diri kita dan semua pihak lain yang berkepentingan. Sebuah rencana yang ditulis sekarang jakan menjadi sempurna jika  dieksekusi minggu depan” (Jenderal George S. Patton, jr).
 
Perubahan Rencana.

Fred Smith menulis rencana bisnis, sekarang terkenal dengan Federal Express, menyatakan ‘Rencana bisnis pertama memiliki sedikit hubungan dengan FedEx saat ini, tapi kita tidak akan memiliki FedEx hari ini tanpa rencana bisnis pertama’. Demikian pula, tidak ada yang bisa menghentikan kita dari menulis rencana yang baik sekarang. Masa depan akan datang, jadi apakah kita memiliki rencana atau tidak. Mengapa kita setidaknya membuat satu rencana pertama.

Sumber:
Chambers, K. Dennis, The Entrepreneur’s Guide to Writing Business Plans and Proposals, British Library Cataloguing, London, 2008

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *